Menu

Pages

Kamis, 07 Maret 2013

Alasan AKB48 Sangat Terkenal

AKB48
AKB48 telah menjadi fenomena di dunia musik saat ini. Group idol asal Jepang itu telah menyabet penghargaan Guiness World Book of Record karena memiliki anggota paling banyak.

Personel AKB48 itu dielu-elukan melebihi "Tuhan". Lalu, apa alasan group idol Takahashi Minami cs itu begitu tenar?

AKB48 besutan Yasushi Akimoto itu juga menorehkan sejarah baru di dunia entertainment, termasuk dengan konsep idol yang berbeda. AKB48 adalah idola yang dipersiapkan untuk "merakyat". Mereka memiliki thater sendiri agar penggemar bisa menemui mereka secara langsung. Hal itu sesuai dengan motto mereka yaitu tumbuh dan berkembang bersama fans.



Di AKB48, anggotanya secara khusus ikut berperan dalam pembentukan karir sang member. AKB48 berbeda dari grup idola lain karena memiliki kekonyolan yang dibentuk secara internal. Contohnya, setiap konsernya yang digelar mereka pasti akan memasukkan lelucon di hanya untuk membuat penggemarnya tertawa.

Menurut pengamat jejaring sosial Satoshi Hamano, keyakinan penggemar AKB48 melebihi suatu agama tertentu. Lihat saja, penggemar akan melakukan apapun demi idola mereka. Penggemar mereka berbagi sesuatu yang disebut “antusiasme skeptis”.

Jadi, penggemar tak peduli tetang baik atau buruknya sang idola. Bagi mereka, idola adalah segala-galanya. Salah satunya, 100 ribu orang rela mengantre hanya untuk berjabat tangan dengan seorang gadis dalam waktu 10 detik saja. Setelah mendapatkan keinginannya, mereka akan pulang dengan raut muka begitu senang.

Bahkan orang-orang membeli ratusan keping CD yang sama untuk mendukung anggota kesayangan mereka menang dalam “pemilu”. Di AKB48, karena banyaknya personel akhirnya diadakan pemilihan untuk menentukan siaap yang berhak tampil di single terbaru atau muncul di televisi.

Sistem ini disebut sōsenkyo atau pemilihan. Penggemar bisa mendukung satu anggota kesayangan mereka dengan membeli single grup tersebut yang langsung berisi satu tiket. Hal itu digunakan untuk memberikan suara pada satu anggota.

Menyusul tenarnya AKB48, munculah group idola tandingan. Mereka adalah N Zero, grup jiplakan AKB48. Mereka menyebut dirinya sebagai “rival tidak resmi AKB48″. Mereka adalah grup idola bawah tanah yang muncul mengikuti kesuksesan AKB48.

Mereka tampil dengan biaya mereka sendiri. Lagu-lagu mereka ditulis oleh penggemar karena tak mampu membayar pencipta lirik profesional.


Sumber : http://showbiz.liputan6.com/read/488594/ini-dia-alasan-akb48-sangat-terkenal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar